Ratusan Pelajar Ikut Jumbara Palang Merah Remaja



Gedung Dakwah Muhammadiyah Leuwiliang tampak sangat ramai tidak seperti biasanya karena Sabtu, 26 November 2022 telah dilaksanakan Jumpa, Bakti, dan Gembira Palang Merah Remaja (Jumbara PMR) yang diselenggarakan oleh Palang Merah Indonesia (PMI Kabupaten Bogor).

Jumbara PMR tentunya dapat memperluas wawasan dan meningkatkan hubungan sosial antar anggota PMR. Selain itu, Jumbara PMR juga digelar untuk mengevaluasi kapasitas relawan PMI Kabupaten Bogor dalam peningkatan pengetahuan, sikap dan keterampilan anggota Palang Merah Remaja di bidang kepalangmerahan yang berada di tingkat sekolah.

Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 800 peserta dari siswa-siswi SD/MI, SMP/sederajat, dan SMA/sederajat yang ada di Kabupaten Bogor Barat.

Rangkaian Kegiatan Jumbara tergolong menjadi 3, yaitu Jumpa meliputi kegiatan kampanye-kampanye yang sebelumnya diharuskan untuk mengikuti kegiatan persamaan materi (latihan gabungan) 7 materi PMR. Materi tersebut diantaranya, Pertolongan Pertama (PP), Remaja Sehat Peduli Sesama (RSPS), Kesiapsiagaan (Ayo Siaga Bencana), Donor Darah Sukarela (Doras), Kesehatan Remaja (Kesja), Kepalangmerahan dan Kepemimpinan. 


Sejarah membuktikan bahwa relawan PMI telah menunjukkan karya dan darma baktinya yang besar kepada masyarakat, bangsa dan negara, baik dalam situasi normal maupun situasi bencana. Relawan PMI sebagai garda terdepan pelayanan PMI perlu diberikan media berkarya untuk mengekspresikan kapasitas dan kompetensinya dalam tugas-tugas pelayanan kepalangmerahan.

Kegiatan bakti masyarakat ini merupakan salah satu media untuk menerapkan prinsip-prinsip dasar gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional serta penerapan Tri Bakti PMR, point ke dua.

Kegiatan Jumbara tidak hanya menampilkan kegiatan PMR, namun juga memupuk seni peserta. Melalui kegiatan Gembira, peserta dapat tampil dengan menunjukkan kreativitas dan bakat yang mereka miliki seperti bernyanyi, menari, drama dan lainnya.




Penulis: Nurlatifah

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Musypimda Muhammadiyah Kabupaten Bogor, Optimis Menghadapi Pandemi, Menebar Nilai Utama

Program 'Religius' SMAPUR

SMA Muhammadiyah Puraseda Laksanakan Penilaian Akhir Semester (PAS) Berbasis CBT-Android