Peduli Cianjur, AMM Puraseda Kirimkan Relawan

 



Selasa, 29 November 2022, Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Puraseda memberangkatkan lima orang kader untuk menjadi relawan gempa di Cianjur membantu MDMC.

Gempa yang berkekuatan magnitudo (M) 5,6 mengguncang Cianjur beberapa pekan lalu, tepatnya Selasa, 22 November 2022.

Dilansir dari Reuters, angka kematian korban gempa bumi mencapai 310 orang, korban mengungsi 58.000 orang, dan hilang setidaknya 20 orang. Gempa tersebut meruntuhkan bangunan-bangunan. Hingga saat ini, masih dilakukan pencarian korban yang hilang.

Menurut Nirmansyah, ketua Angkatan Muda Muhammadiyah Puraseda, relawan yang diutus akan berada di Cianjur selama maksimal 7 hari dan bisa diperpanjang lagi.

Tim Relawan Muhammadiyah Puraseda untuk membantu korban bencana gempa bumi di Cianjur Jawa Barat, dilepas langsung oleh Nirmansyah selaku ketua Angkatan Muda Muhammadiyah Puraseda. Tim ini terdiri dari 5 orang delegasi Dewan Sugli Cabang Hizbul Wathan Puraseda yaitu Rosid, Iyus, Wahyu, Sahrul, dan Agung.


"Tim relawan kami diantarkan oleh tim Lazismu KL. Puraseda yaitu saudara Yuda & Senda, dan dipastikan tim relawan sampai dengan selamat. Tim relawan dari Muhammadiyah Puraseda akan bergabung bersama Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Kab. Bogor di Posko Pelayanan ICM Cianjur," jelas Nirmansyah. 

Selama dua hari ini, relawan AMM sudah melakukan asesmen dan intervensi pembuatan gedung sekolah darurat, membangun hunian darurat per-Kepala keluarga dan MCK darurat.




Salah satu relawan yang diutus, Rosid, menceritakan kondisi terkini di Cianjur. Menurutnya, masih banyak korban bencana yang belum ditemukan dikarenakan tanah yang sudah mengeras sehingga membuat para tim SAR, kepolisian dan TNI kesulitan menemukannya.


"Cukup memperihatinkan kondisi warga saat ini, warga membuat hunian darurat dulu di lapangan terbuka," jelas Rosid

Nirmansyah berharap, dari kejadian ini seluruh kader ortom dapat berpartisipasi dalam penanganan kebencanaan, baik secara donasi, tenaga, waktu maupun pikiran bisa dicurahkan untuk kepedulian kepada penyintas gempa Cianjur.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Musypimda Muhammadiyah Kabupaten Bogor, Optimis Menghadapi Pandemi, Menebar Nilai Utama

Program 'Religius' SMAPUR

SMA Muhammadiyah Puraseda Laksanakan Penilaian Akhir Semester (PAS) Berbasis CBT-Android