Baitul Arqam Siswa, Bekal Masa Depan



Baitul Arqom Muhammadiyah (BAM) siswa kelas XII SMA Muhammadiyah Puraseda yang menjadi agenda rutin tahunan merupakan kegiatan yang dilaksanakan sebagai pembekalan awal siswa. Kegiatan ini dilaksanakan dua hari pada hari Jumat dan Sabtu tanggal 10 dan 11 Maret 2023. Kegiatan ini diikuti oleh 100 siswa. Bertempat di Aula sekolah dan dibuka secara resmi oleh PCM Puraseda, Zaini Haruman.

Tema yang diusung dalam kegiatan BAM ini adalah “Meneguhkan Semangat Kader Pelopor, Pelangsung, Penyempurna Amanah yang Berkarakter Religius, Cerdas, Kreatif, dan Mandiri”

Kepala Sekolah, Oleh Holidin menyampaikan, maksud dan tujuan diselenggarakannya Baitul Arqom ini adalah sebagai pembekalan siswa, diantaranya:

1. Memberikan motivasi pada siswa agar menjadi generasi muslim yang bertanggung jawab terhadap dirinya, agama, masyarakat dan persyarikatan.

2. Memberikan bekal dan motivasi kepada kelas XII yang akan melaksanakan ujian akhir sekolah.

3. Memberikan karakter bekal sebagai kader yang relgius, cerdas, kreatif dan mandiri pada peserta BAMS.

Kegiatan ini selain memberikan teori ibadah sesuai dengan tuntunan Muhammadiyah juga praktik langsung berkaitan dengan materi yang diberikan. Praktik yang dilakukan antara lain Thoharoh (Wudhu) yang baik dan benar, Shalat Wajib dan tuntunan shalat malam/kiyamullail yang dipandu Imam Tarmiji dan Oleh Holidin.


Selain itu, disampaikan pula materi tentang Al-islam dan Kemuhammadiyahan oleh Nizar Maulana, Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah (PHIWM) berupa panduan hidup keluarga sakinah yang disampaikan oleh Budiman Firdaus, Motivasi Kuliah dari Universitas Muhammadiyah Bogor Raya, Mengenal Karakter dan Life Skill oleh Yusi Sri Hartini, dan Psikologi Remaja oleh Arif Apriansyah.


Dengan terselenggaranya kegiatan Baitul Arqom ini diharapkan siswa nantinya dapat mengamalkan ibadah yang benar sesuai dengan tutununan juga menjadikan motivasi yang telah pemateri sampaikan menjadi pegangan masa depan dan dapat mengamalkannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Musypimda Muhammadiyah Kabupaten Bogor, Optimis Menghadapi Pandemi, Menebar Nilai Utama

Program 'Religius' SMAPUR

SMA Muhammadiyah Puraseda Laksanakan Penilaian Akhir Semester (PAS) Berbasis CBT-Android