SMAPUR Gelar Wisuda Tahfidz dan Pelepasan Siswa Kelas XII Angkatan XVIII SMA Muhammadiyah Puraseda Tahun Pelajaran. 2022/2023

SMAPUR – Dalam wisuda tahfidz dan pelepasan siswa/i kelas XII SMA Muhammadiyah Puraseda dikemas dengan rangkaian acara yang telah disepakati bersama oleh pihak sekolah. 

Sebanyak 100 peserta didik kelas XII dari program MIPA dilepas oleh Kepala SMA Muhammadiyah Puraseda, Oleh Holidin. Acara ini di gelar di lapangan SMA Muhammadiyah Puraseda dan dimulai pada pukul 07.30 WIB sampai selesai. Rabu. (24/05)


Sebelum prosesi pelepasan Peserta Didik, terlebih dahulu digelar prosesi wisuda Tahfidz yang merupakan agenda rutin tahunan bagi sekolah.

Turut hadir pula dalam acara ini, Jajaran Pimpinan Cabang Muhammadiyah Puraseda, Jajaran Pimpinan Ranting Muhammadiyah se-Cabang puraseda, Para Kepala AUM, Organisasi Otonom Muhammadiyah Cabang Puraseda, Pengawas Pembina KCD Wil 1 Jabar, semua guru, staf tata usaha dan wali murid kelas XII .

Kepala sekolah SMA Muhammadiyah Puraseda, Oleh Holidin, dalam sambutannya pada acara gelar pelepasan siswa/i kelas XII mengungkapkan di hadapan pengisi acara menyampaikan, “Pada hari ini, kami semua menyaksikan bersama, hasil kerja keras kalian saat menuntut ilmu di SMA Muhammadiyah Puraseda selama 3 tahun. Hari ini momen yang tak pernah kalian lupakan sebagi alumni SMA Muhammadiyah Puraseda. Saya melepas sebanyak 100 siswa/i SMA Muhammadiyah Puraseda tahun pelajaran 2022/2023 dari program MIPA." ungkapnya.

Tidak hanya itu, Oleh Holidin, menegasakan, setelah penyematan “medali kelulusan” nanti sebagai tanda, bahwa kalian alumni SMA Muhammadiyah Puraseda. Oleh karena itu, besar harapan kami sebagai keluarga besar SMA Muhammadiyah Puraseda, yakni kalian harus tetap semangat dalam belajar, tetap menambah pengetahuan dan wawasan sampai menjadi orang yang berprestasi, serta membuktikan eksistensinya di tengah-tengah masyarakat dan SMA Muhammadiyah Puraseda pada saatnya nanti.” Sambungnya.

Selanjutnya, kegiatan penyematan medali kelulusan diberikan langsung oleh kepala sekolah, didampingi oleh para wakil kepala sekolah diantaranya bidang kurikulum, bidang hubungan masyarakat, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan serta bidang sarana dan prasarana selain itu ikut serta pula para wali kelas dan dewan guru. 


Selain kepala sekolah, sambutan lain disampaikan oleh Zaini Haruman, selaku Pimpinan Cabang Muhammadiyah Puraseda.

“Kami berharap, kalian terus berkarya seiring tantangan hidup yang akan membuahkan hasil kebahagiaan di masa depan bagi kalian semua. Teruslah melanjutkan pendidikan kalian ke jenjang yang lebih tinggi. Corak kehidupan akan terus mengalami kompetisi individual untuk meraih prestasi. Sebab itu, akademik akan menjadi penentu kalian tempat berkarya". 

Selanjutnya, Zaini Haruman menyampaikan harapan kepada peserta didik SMA Muhammadiyah Puraseda yang dilepas hari ini agar mampu mempersiapkan dirinya menambah pengetahuan yang maksimal dalam menggali keahlian masing-masing saat menuntut ilmu di perguruan tinggi nanti. Tambah Zaini, pilihan setelah lulus akan banyak, namun pilihlah yang terbaik sesuai minat dan kemampuan serta keilmuan.

Sementara itu, Pengawas Pembina dari Kantor Cabang Dinas wilayah 1 Dinas Provinsi Jawa Barat, Dini Khairunisa, mengungkapkan dalam sambutannya, “Sejatinya kegiatan pelepasan ini, bagian dari salah satu cara keluarga besar SMA Muhammadiyah Puraseda memberikan apresiasi dan penghargaan kepada siswa siswi kita yang telah berusia 3 tahun  menimba ilmu di SMA Muhammadiyah Puraseda". ujar Dina Khoerunnisa, M.Si. Tidak hanya itu, Dina juga memiliki harapan kepada 100 siswa/i yang dilepas hari ini mengatakan. “Saya berharap kepada mereka, setelah lulus dari SMA Muhammadiyah Puraseda jangan pernah berhenti menuntut ilmu, karena persaingan di masa mendatang semakin ketat. Tidak hanya mengandalkan skill, juga tidak hanya mengandalkan ijazah formal dari suatu lembaga pendidikan. Namun, ilmu akademik akan mejadi pondasi kuat untuk berkarya dan bersaing dalam menoreh prestasi."

Dina Khairunisa pun mengutip hadits yang berisi pesan kepada seluruh Wisudawan Wisudawati untuk senantiasa pertama, yakni, "Bertakwa kepada Allah dengan mentaati seluruh perintahnya dan menjauhi segala larangannya dimanapun, kedua ikutilah perbuatan buruk/keliru dengan kebaikan sebagai penghapusnya serta ketiga berakhlak/berbudi baiklah terhadap seluruh manusia". Tutupnya.



Selain sambutan-sambutan, disampaikan pula penganugrahan siswa berprestasi akademik dari 100 siswa diberikan kepada 3 siswa peringkat pertama sampai peringkat ketiga.

Adapun yang memperoleh peringkat pertama dengan nilai rata-rata 93,86 diraih oleh Kartika Zalzabil, peringkat kedua dengan nilai rata-rata 93,61 Irma Khoirunisa dan peringkat ketiga Putri Arta Lestari dengan nilai rata-rata 92,95.

Di akhir acara pelepasan kelas XII angkatan XVIII SMA Muhammadiyah Puraseda, tahun pelajaran 2022/2023 diwarnai suka cita dikalangan peserta didik maupun dewan guru. Apa lagi ditambah dengan kata-kata perpisahan yang menambah haru keluarga besar SMA Muhammadiyah Puraseda. (/Oh)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Musypimda Muhammadiyah Kabupaten Bogor, Optimis Menghadapi Pandemi, Menebar Nilai Utama

Program 'Religius' SMAPUR

SMA Muhammadiyah Puraseda Laksanakan Penilaian Akhir Semester (PAS) Berbasis CBT-Android